Islam dan Iman

sujudDari Umar Al Khattab r.a. berkata: Pada suatu hari ketika kami duduk di samping Rasulullah SAW, tiba-tiba muncul seorang lelaki di hadapan kami yang pakaiannya terlalu putih dan rambutnya terlalu hitam, tidak terdapat padanya tanda-tanda orang yang bermusafir tetapi tidak seorang pun dari kami mengenalinya. Dia mendekati Nabi SAW, dengan duduk menyandarkan lututnya bertemu dengan lutut Rasulullah dan kedua tapak tangannya diletakkan ke atas kedua paha Rasulullah. Dan dia terus bertanya, “Wahai Muhammad, kabarkan padaku mengenai Islam.” Maka Rasulullah SAW bersabda, “Islam adalah kamu mengucapkan pengakuan (syahadah) : Lailahaillallah Muhammadarrasulullah, dan kamu dirikan shalat dan kamu keluarkan zakat dan kamu berpuasa (dalam bulan) Ramadhan dan menunaikan haji di Baitullah jika berkemampuan ke sana.”…“Benarlah kamu”. Kata-katanya itu mengherankan kami karena dia yang bertanya dan dia juga yang membenarkannya.

Dan seterusnya dia bertanya lagi, “Kabarkan padaku mengenai iman.” Rasulullah bersabda, “Bahwa kamu beriman kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, Hari Akkirat dan ketentuan baik dan buruknya (qadha dan qadar) dari Allah.” “Benar,” dia mengakuinya dan bertanya lagi, “Kabarkan padaku apa itu ihsan?” Rasulullah berkata “Ihsan adalah kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, jika tidak sesungguhnya Dia senantiasa memperhatikan kamu.” “Benar,” jawab lelaki itu.

Tanyanya lagi, “Ceritakan padaku mengenai Hari Kiamat?” Rasulullah menjawab, “Orang yang ditanya mengenainya tidak lebih mengetahui dari orang yang bertanya.” “Kalau begitu terangkan kepadaku tanda-tandanya.” Baginda bersabda, “Ketika hamba-hamba melahirkan tuan-tuannya dan kamu dapat melihat mereka yang berkaki ayam, tidak berpakaian dan melarat bagaikan pengembala kambing berlomba-lomba mendirikan bangunan (mewah).”

Kemudian itu dia pun beranjak dan kamipun terdiam tidak berkata apa-apa. Lalu baginda bersabda, “Apakah kamu kenal siapa yang bertanya itu?” Aku berkata, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Baginda menjelaskan, ”Dialah Jibril, yang datang kepada kamu untuk mengajar kamu mengenai agama.”
(Riwayat Muslim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: