Keistimewaan Shalat Subuh

shalat

Shalat Subuh adalah shalat yang paling sedikit jumlah rakaatnya, hanya dua rakaat saja. Namun, ini menjadi standar keimanan seseorang dan ujian terhadap kejujuran, karena waktunya sangat sempit. Sementara itu shalat fajar, yaitu shalat sunnah sebelum Subuh, merupakan shalat sunnah yang paling banyak pahalanya dibandingkan shalat sunnah lainnya. Rasulullah SAW, mengistimewakannya dengan pahala yang begitu besar, dengan gambaran yang benar-benar menarik perhatian. Diantaranya Rasulullah SAW bersabda yang di riwayatkan dari Aisyah,
Dua rakaat fajar (shalat sunnah sebelum Subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.” (HR.Muslim).

Coba kita renungkan, ini baru keutamaan sunnah fajar. Lalu bagaimana dengan shalat Subuh?. Subhanallah ! nilai yang sangat besar ini bukan disebabkan lamanya berdiri atau panjangnya bacaan dalam dua rakaat ini. Bahkan Rasulullah SAW sering memendekkan bacaannya dalam shalat dua rakaat sebelum shalat Subuh ini.

Kalau begitu, bukan karena panjangnya bacaan yang menjadi sebab bertambahnya keutamaan sampai melebihi dunia dan segala isinya. Namun karena ketentuan waktu pelaksanaan shalat yang sangat mulia ini.

Subuh adalah Waktu Perubahan. Subuh. Petaka bagi kaum pendurhaka. Mari kita perhatikan kehancuran kamu Nabi Luth AS. kapan peristiwa itu terjadi? “Sesungguhnya saat jatuhnya adzab kepada mereka ialah diwaktu Subuh, bukankah Subuh itu sudah dekat?.” (Hud:81)
Bukankah Allah SWT mampu menghancurkan mereka kapan saja, siang atau malam. Namun mengapa Allah SWT memilih waktu ini?. Karena waktu Subuh adalah waktu perubahan. Inilah saat pertama keadilan muncul, setelah kezaliman. Saat yang pertama kebaikan datang, setelah kerusakan.

Masih banyak lagi contoh, kaum Ad, kaum Nabi Hud as, kaum Tsamut, kaum Nabi Saheh as. Bahkan dizaman Rasulullah SAW pun perubahan itu terjadi pada waktu Subuh ! saat perang Khaibar, beliau berkata, “Sesungguhnya kami (beliau) mendatangi sebuah kaum, maka amat buruklah pagi hari yang dialami orang-orang yang diperingatkan itu.” (HR.Bukhari-Muslim).

Mengapa orang-orang Yahudi tidak takut kepada orang Islam ? (seperti saat ini, yang berkuasa Amerika), itu semua dikarenakan orang Islam tidak mau melaksanakan Shalat Subuh tepat waktu. Banyak diantara kita yang tidak mengetahui keutamaan shalat Subuh. Orang-orang barat tahu keutamaan bagun pagi bukan karena untuk shalat Subuh, melainkan untuk kehidupan dunia-nya saja tidak untuk akhirat kelak. Seperti yang dituturkan ahli kitabnya orang Yahudi, “mereka akan takut kepada orang Islam, apabila orang yang datang menunaikan Shalat Subuh sama banyaknya dengan orang yang datang menunaikan Shalat Jum’at”.

Disari dari : http://umroh-haji.net/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: