Diampunikah Dosa Saya

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak pernah berbuat dosa/kekeliruan, baik yang disengaja maupun yang tidak ia sengaja. Hal ini sebagaimana yang pernah disabdakan oleh Baginda Rasulullah saw, Setiap anak cucu adam pasti berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang-orang yang bertobat (dari dosa/kesalahannya) (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah, dan dihasankan oleh al-Albani)



Allah swt berfirman menjelaskan tentang karakteristik orang-orang yang bertaqwa, “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah – Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui. (QS. Ali Imran:135)

ayat di atas menunjukkan kepada kita bahwa orang yang bertakwa bukan lah orang yang sama sekali bersih dan suci dari dosa/kesalahan, tetapi orang yang bertakwa adalah orang yang apabila dia berbuat dosa/kesalahan, dia langsung segera mengingat Allah, memohon ampunan dan bertobat dari dosa-dosa kepada Allah swt. karena meyakini bahwa tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali hanya Allah yang Maha Pengampun dan Maha penerima taubat hambanya.
Para Ulama (di antaranya Syaikh al-Utsaimin rahimahullah) menjelaskan tentang syarat-syarat diterimanya taubat seseorang oleh Allah swt, yaitu ada 5 syarat:
1. Iklash karena Allah swt.
2. Menjauhi perbuatan dosa/maksiat yang pernah ia kerjakan.
3. Menyesali perbuatan maksiat yang ia lakukan.
4. Berniat dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi perbuatan maksiat yang dia kerjakan.
5. Bertobat pada selain kedua tempat (waktu yang tidak diterimanya taubatnya oleh Allah) yaitu: Ketika sakaratul maut dan datangnya kiamat. wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: